Menuju Smart People


Nih gan, kita sekarang ini ditakdirkan hidup di zaman edan kalu kata orang barat “crazy generation”. Nah, yang kita maksut edan adalah informasinya. Di zaman ini informasi sangat merajalela tidak memandangbulu mulai anak-anak, ramaja hingga dewasa, semuanya sudah di genangi oleh informasi. Surat kabar, tabloit, sepanduk, reklame sedangkan non cetaknya adalah radio, televisi, telepon genggam, internet dan belum lagi teknologi informasi yang sedang di kembangkan pada saat ini Gan.

Pemirsa jawahosting yang berbagia :D heheh biar gak merengut. Dalam kehidupan kita sehari-hari, informasi sangatlah berdampak pada hidup kita. untuk itu mulai saat ini, marilah kita melek informasi atau kata orang barat “Literasi Informasi” agar kedepannya kehidupan kita jauh akan lebih baik. Heheheh bahasanya kayak orang lagi ceramah :D.

Nah baiklah Gan, kita menuju ke Literasi Informas. Les’t go

Literasi Informasi

Nah Gan, para ahli banyak banget mendefinisikan makna literasi informasi, nah definisi yang di ambil jawahosting adalah seperangkat keterampilan yang diperlukan untuk mencari, menelusuri, mengenalisa dan memanfaatkan informasi (Bundy, 2001). Nah apabila lu pengen menari informasi hal ini lu bisa bergi ke Perpustakaan Gan atau bisa cari pinjeman buku atau juga bisa ke warnet. Penelusuran informasi, kalau lu pergi ke perpustakaan, untuk mencari informasi yang lu butuhkan secara cepat dan tepat, lu dianjurkan untuk memakai alat temu kembali informasi, yaitu Katalog. Lain lagi kalu lu pergi ke warnet Gan, lu pasti pertama-tama tanya mbah Google dulu, nah googel itulah bisa dikatakan sebagai katalog juga, dapat disimpuklan bahwa google dan katalog itu merupakan alat penelusuran informasi Gan. Menganalisaan dan memanfaatan informasi tidak kalah pentingnya dengan yang lain Gan, keterampilan ini mencakup berbagai keterampilan yang selain diatas. Misalnya dengan lu banyak-banyak membaca buku, berinteraksi atau berdiskusi dengan orang yang lebih tau. Dengan begitu lu akan merasa sadar dengan akan kebutuhan informasi, menentukan apa informasi yang Lu butuhkan, mencari cara bagaimana lu bisa menemukan informasi, mengevaluasi, sampai memanfaatkan informasi yang lu cari untuk mencapai tujuan kenapa lu mencari informasi.

Kata Mr Nuh Mentri Pendidikan pada pidatonya. “Orang yang dinamis (maju) adalah orang yang mempunyai karakter diantaranya adalah”.

a. Mau Berbagi (resource sharing)

b. Mampu menggambil hikmah

c. Mampu menyelesaikan persoalan pada dirinya

d. Tidak pernah mengeluh

Nah gan, dapat kita simpulkan bahwa kita mencari informasi tidak hanya dengan duduk manis didepan papan tulis. Lu bisa pergi ke perpustakaan gan, diskusi bareng-bareng, atau bahkan pergi ke lapangan untuk menjumpai informasi secara langsung Gan, atau buka internet, tpi gak usah buka FB, entar malah chat lagi :D heheh. Secara tidak sadar lu akan menjadi orang yang mandiri, dan dinamis.

Mohon maaf klu ada yang salah. Atau bahkan sulit dimenerti,,, maklum masih baru heheheh :D semoga bermanfaat. J

Oh iya, Didunia ini tidak ada orang yang bodoh namun itu hanya orang yang sedikit terlambat menerima informasi.

Komentar